Salah satu penulis lirik lagu Amerika besar, Harburg tumbuh (seperti Irwin Hochberg) di ghetto kelas pekerja Yahudi Lower East Side Manhattan. In high school, he befriended Ira Gershwin , later his collaborator on student literary ventures at City College of New York; both also contributed to FP Adams' column in the daily New York World, the city's leading outlet for light verse. Di sekolah tinggi, ia berteman dengan Ira Gershwin , kemudian kolaborator-nya pada usaha mahasiswa sastra di City College of New York, keduanya juga memberikan kontribusi ke kolom KB Adams di New York harian Dunia,
outlet kota terkemuka untuk ayat cahaya. After graduation in 1917, during the wartime manpower shortage, Harburg landed a lucrative job in Uruguay with the Swift & Co. meat-packing firm. Setelah lulus pada tahun 1917, selama masa perang kekurangan tenaga kerja, Harburg mendapat pekerjaan yang menguntungkan di Uruguay dengan Swift & Co perusahaan pengepakan daging. In 1920, he returned to New York, where he became a partner in an appliance business that thrived for most of the 1920s but failed around the time of the 1929 stock market crash. Pada tahun 1920, ia kembali ke New York, di mana ia menjadi mitra dalam bisnis alat yang berkembang untuk sebagian besar tahun 1920 tetapi gagal sekitar waktu crash pasar saham 1929. Harburg determined to make a living at lyric writing; Gershwin provided a $500 loan and an introduction to the composer Jay Gorney . Harburg bertekad untuk membuat hidup dalam menulis lirik, Gershwin memberikan pinjaman $ 500 dan pengenalan komposer Jay Gorney . They collaborated on songs for Broadway revues and a number that Helen Morgan sang in two early film musicals; in 1932, they wrote Harburg's breakthrough, the unemployment anthem "Brother, Can You Spare a Dime?" Mereka berkolaborasi pada lagu untuk Broadway revues dan nomor yang Helen Morgan bernyanyi dalam dua musikal film awal, pada tahun 1932, mereka menulis terobosan Harburg itu, lagu pengangguran "Saudaraku, Dapatkah Anda Spare sebuah Dime?" In that year, for Broadway shows opening a few days apart, Harburg wrote "April in Paris" (with Vernon Duke ) and, with Harold Arlen , "It's Only a Paper Moon." Pada tahun itu, untuk Broadway menunjukkan membuka beberapa hari terpisah, Harburg menulis "April di Paris" (dengan Vernon Duke ) dan, dengan Harold Arlen , "Ini Hanya Paper Moon." For the next 12 years, for theater and movies, Arlen was Harburg's most important collaborator; the partnership peaked with The Wizard of Oz (1939). Selama 12 tahun berikutnya, untuk teater dan film, Arlen adalah kolaborator Harburg yang paling penting; kemitraan memuncak dengan The Wizard of Oz (1939). Although he contributed to a number of films in the 1940s, Harburg's best work in those years was for Broadway 's "Bloomer Girl" (with Arlen) and, with Burton Lane , "Finian's Rainbow." Meskipun ia memberikan kontribusi untuk sejumlah film pada 1940-an, pekerjaan Harburg terbaik di tahun-tahun itu untuk Broadway 's "Girl Bloomer" (dengan Arlen) dan, dengan Burton Lane , "Rainbow Finian itu." Both shows featured Harburg's lyrical dexterity ("When I'm not facing the face that I fancy, I fancy the face I face") and social commentary (both shows satirized racism and capitalism). Keduanya menunjukkan menampilkan ketangkasan liris Harburg itu ("Kalau aku tidak menghadapi wajah yang aku naksir, aku suka wajah saya hadapi") dan komentar sosial (baik menunjukkan rasisme satir dan kapitalisme). His liberalism led to Harburg's blacklisting by Hollywood in the 1950s, helping to ensure that "Finian" would not be filmed for decades. Liberalisme Nya menyebabkan daftar hitam Harburg oleh Hollywood pada tahun 1950-an, membantu untuk memastikan bahwa "Finian" tidak akan difilmkan selama beberapa dekade. Harburg continued to write, with Jule Styne , Earl Robinson and others, into his 80s. Harburg terus menulis, dengan Jule Styne , Earl Robinson dan lain-lain, ke 80 nya.
outlet kota terkemuka untuk ayat cahaya. After graduation in 1917, during the wartime manpower shortage, Harburg landed a lucrative job in Uruguay with the Swift & Co. meat-packing firm. Setelah lulus pada tahun 1917, selama masa perang kekurangan tenaga kerja, Harburg mendapat pekerjaan yang menguntungkan di Uruguay dengan Swift & Co perusahaan pengepakan daging. In 1920, he returned to New York, where he became a partner in an appliance business that thrived for most of the 1920s but failed around the time of the 1929 stock market crash. Pada tahun 1920, ia kembali ke New York, di mana ia menjadi mitra dalam bisnis alat yang berkembang untuk sebagian besar tahun 1920 tetapi gagal sekitar waktu crash pasar saham 1929. Harburg determined to make a living at lyric writing; Gershwin provided a $500 loan and an introduction to the composer Jay Gorney . Harburg bertekad untuk membuat hidup dalam menulis lirik, Gershwin memberikan pinjaman $ 500 dan pengenalan komposer Jay Gorney . They collaborated on songs for Broadway revues and a number that Helen Morgan sang in two early film musicals; in 1932, they wrote Harburg's breakthrough, the unemployment anthem "Brother, Can You Spare a Dime?" Mereka berkolaborasi pada lagu untuk Broadway revues dan nomor yang Helen Morgan bernyanyi dalam dua musikal film awal, pada tahun 1932, mereka menulis terobosan Harburg itu, lagu pengangguran "Saudaraku, Dapatkah Anda Spare sebuah Dime?" In that year, for Broadway shows opening a few days apart, Harburg wrote "April in Paris" (with Vernon Duke ) and, with Harold Arlen , "It's Only a Paper Moon." Pada tahun itu, untuk Broadway menunjukkan membuka beberapa hari terpisah, Harburg menulis "April di Paris" (dengan Vernon Duke ) dan, dengan Harold Arlen , "Ini Hanya Paper Moon." For the next 12 years, for theater and movies, Arlen was Harburg's most important collaborator; the partnership peaked with The Wizard of Oz (1939). Selama 12 tahun berikutnya, untuk teater dan film, Arlen adalah kolaborator Harburg yang paling penting; kemitraan memuncak dengan The Wizard of Oz (1939). Although he contributed to a number of films in the 1940s, Harburg's best work in those years was for Broadway 's "Bloomer Girl" (with Arlen) and, with Burton Lane , "Finian's Rainbow." Meskipun ia memberikan kontribusi untuk sejumlah film pada 1940-an, pekerjaan Harburg terbaik di tahun-tahun itu untuk Broadway 's "Girl Bloomer" (dengan Arlen) dan, dengan Burton Lane , "Rainbow Finian itu." Both shows featured Harburg's lyrical dexterity ("When I'm not facing the face that I fancy, I fancy the face I face") and social commentary (both shows satirized racism and capitalism). Keduanya menunjukkan menampilkan ketangkasan liris Harburg itu ("Kalau aku tidak menghadapi wajah yang aku naksir, aku suka wajah saya hadapi") dan komentar sosial (baik menunjukkan rasisme satir dan kapitalisme). His liberalism led to Harburg's blacklisting by Hollywood in the 1950s, helping to ensure that "Finian" would not be filmed for decades. Liberalisme Nya menyebabkan daftar hitam Harburg oleh Hollywood pada tahun 1950-an, membantu untuk memastikan bahwa "Finian" tidak akan difilmkan selama beberapa dekade. Harburg continued to write, with Jule Styne , Earl Robinson and others, into his 80s. Harburg terus menulis, dengan Jule Styne , Earl Robinson dan lain-lain, ke 80 nya.
Trivia Trivia
According to Harburg, he acquired his nickname (derived from "yipsl," the Yiddish word for "squirrel") as a child. Menurut Harburg, ia memperoleh nama julukannya (berasal dari "yipsl," kata Yiddish untuk "tupai") sebagai seorang anak.
Was nominated for Broadway's 1958 Tony Award, book, with collaborator Fred Saidy , and his lyrics with music by Harold Arlen , for Best Musical nominee "Jamaica." Dinominasikan untuk Tony Award 1958 Broadway, buku, dengan kolaborator Fred Saidy , dan lirik dengan musik oleh Harold Arlen , untuk calon Musik Terbaik "Jamaika."
Pictured on a 37¢ USA commemorative stamp issued in his honor on 28 April 2005. Digambarkan pada perangko peringatan 37 ¢ Amerika Serikat yang dikeluarkan untuk menghormatinya pada tanggal 28 April 2005.
Inducted into the Songwriters Hall of Fame in 1972. Inducted into the Hall of Fame penulis lagu pada tahun 1972.
Biography in: "The Scribner Encyclopedia of American Lives". Biografi dalam: "The Encyclopedia Scribner dari Kehidupan Amerika". Volume One, 1981-1985, pages 364-366 (as Yip Harburg). Volume Satu, 1981-1985, halaman 364-366 (seperti Yip Harburg). New York: Charles Scribner's Sons, 1998. New York: Charles Scribner yang Sons, 1998.
After attending a performance of the Broadway musical "The Wiz," an Afro-American adaptation of "The Wizard of Oz," in the mid-70s, Harburg was moved to put his reaction to the show into verse, and it bears repeating: "From FDR to Nixon. /From "The Wizard" to "The Wiz." /It doesn't quite seem possible, /But, oh, my country, 'tis.". Setelah mengikuti kinerja dari musikal Broadway "The Wiz", sebuah adaptasi Afro-Amerika "The Wizard of Oz," pada pertengahan-70an, Harburg dipindahkan untuk menempatkan reaksinya untuk menunjukkan ke ayat, dan beruang mengulangi: "Dari FDR untuk Nixon / Dari." Wizard "untuk" The Wiz "/ Itu tidak cukup tampak mungkin, / Tapi, oh, negara saya, 'tis."..
Personal Quotes Kutipan Pribadi
It's easier to repent than to regret. Lebih mudah untuk bertobat daripada menyesal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar